lulusan ilkom menantu idaman
Prodi Ilmu Komunikasi UMM. Pada tahun 2013 Prodi Ilmu
Komunikasi berhasil MEMPERTAHANKAN akreditasi A berdasar Surat dari Badan
Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)
106/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/IV/2013. Hal ini melengkapi capaian akreditasi institusi
yang juga bernilai A. Pretasi lain, Prodi ini juga mendapatkan predikat Prodi
terbaik tingkat universitas.
Prodi Ilmu Komunikasi UMM menjadi salah satu Prodi di lingkungan UMM yang diandalkan. Hal ini terlihat dari animo mahasiswa baru yang terus meningkat setiap tahun. Tidak itu saja, materi kurikulum yang terus disesuaikan dengan perkembangan zaman, tetapi juga mempunyai ciri khas yang tidak dipunyai Prodi Ilmu Komunikasi di Indonesia. dalam aktualisasinya Prodi ini mengusung gerakan Literasi Media (Media Literacy). Setiap proses belajar mengajar dan kegiatan akademis berada dalam payung Literasi Media itu. Gairah sivitas akademika juga sangat terlihat.Di tingkat mahasiswa, Prodi ini memiliki kelompok peminat kajian. Misalnya ada PR Club dan Eskalator (peminat kajian Public Relations), Journalistic Club (peminat kajian jurnalistik), AV Club (peminat kajian Audio Visual), Kociris (peminat kajian Riset Komunikasi), disamping ada Himpunan Mahasiswa Komunikasi (HIMAKOM) dan Jurnalistik Fotografi Club (Jufoc).
Prodi Ilmu Komunikasi UMM menjadi salah satu Prodi di lingkungan UMM yang diandalkan. Hal ini terlihat dari animo mahasiswa baru yang terus meningkat setiap tahun. Tidak itu saja, materi kurikulum yang terus disesuaikan dengan perkembangan zaman, tetapi juga mempunyai ciri khas yang tidak dipunyai Prodi Ilmu Komunikasi di Indonesia. dalam aktualisasinya Prodi ini mengusung gerakan Literasi Media (Media Literacy). Setiap proses belajar mengajar dan kegiatan akademis berada dalam payung Literasi Media itu. Gairah sivitas akademika juga sangat terlihat.Di tingkat mahasiswa, Prodi ini memiliki kelompok peminat kajian. Misalnya ada PR Club dan Eskalator (peminat kajian Public Relations), Journalistic Club (peminat kajian jurnalistik), AV Club (peminat kajian Audio Visual), Kociris (peminat kajian Riset Komunikasi), disamping ada Himpunan Mahasiswa Komunikasi (HIMAKOM) dan Jurnalistik Fotografi Club (Jufoc).
Umumnya Jurusan Ilmu Komunikasi diberbagai universitas
dibagi lagi menjadi 3 bidang peminatan, antara lain :
1. Public
Relations
Peminatan ini biasanya akan mempelajari cara-cara
menciptakan good image perusahaan, selebritis bahkan presiden. Di sini kita
dituntut untuk bisa mengubah citra umum di mata khalayak sehubungan dengan
adanya kegiatan-kegiatan baru yang dilakukan perusahaan. Selain itu, kita juga
harus bisa memperbaiki hubungan antara perusahaan itu dengan khalayaknya, sehubungan
dengan telah terjadinya suatu peristiwa yang mengakibatkan kecaman, kesangsian,
atau salah paham di kalangan khalayak terhadap niat baik perusahaan.
2. Jurnalistik
Di jurnalistik ini kita akan belajar bagaimana cara menulis
berita dan juga fotografi. Prospek kerjanya bisa menjadi penulis berita,
wartawan, editor, fotografer, dll.
3. Audio Visual
/ Broadcasting
Peminatan yang satu ini yang menurutku paling seru dibanding
dengan yang lain. Disini kita akan belajar tentang broadcasting, mulai dari
bikin script buat radio atau berita, trus cara bikin film, cara editing,cara
jadi presenter, sutradara, kameramen,dll.. Gimana asyikk banget kan ? Prospek
kerjanya : Luas ! Bisa jadi sutradara, editor, produser film, presenter,
broadcaster, penulis, dll. Karna disini kita juga akan belajar tentang
jurnalistik ataupun public relations.
Comments
Post a Comment